Visi dan Misi

December 30, 2012 at 02:07

pengelola

0

A. Visi, Misi, Tujuan

 

  1. Visi

 

Menjadi Prodi yang maju, bermutu, berdaya saing, dan berkarakter, serta unggul di bidang ilmu komunikasi dalam lingkup regional, nasional, dan internasional pada tahun 2020.

 

  1. Misi
  2. Menyelenggarakan pendidikan bidang Ilmu Komunikasi berbudaya mutu, dalam rangka menghasilkan lulusan berdaya saing dan berkarakter berlandaskan prinsip JAWARA (Jujur, Amanah, Wibawa,  Adil,  Religius, dan  Akuntabel).
  3. Mengembangkan penelitian yang unggul di bidang komunikasi berorientasi pada pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan, serta teknologi bagi komunitas akademik, pemerintah, industri, dan masyarakat
  4. Mengimplementasikan keahlian komunikasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis perkembangan teknologi komunikasi dan pemberdayaan masyarakat. 
  5. Unggul dalam mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang komunikasi, baik dalam lingkup regional, nasional, dan internasional.

 

  1. Tujuan
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki:
  • Mampu membuat perencanaan dan mengimplementasikan berbagai program komunikasi, sesuai konsentrasi ilmu jurnalistik, ilmu hubungan masyarakat, dan ilmu marketing komunikasi.
  • Berbudi pekerti luhur dan berkepribadian tinggi, berlandaskan prinsip JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Relijius, Akuntabel).
  • Berwawasan global, profesional, inovatif, kreatif dan mampu bekerjasama dalam suatu tim kerja.
  • Memiliki bekal kecakapan berwirausaha dan pengembangan diri.
  1. Mengembangkan Ilmu Komunikasi melalui kegiatan penelitian yang berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat
  2. Menyebarkan hasil penelitian serta menerapkan secara aktif bidang Ilmu Komunikasi melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

 

B. Kompetensi Lulusan

 

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi, setiap Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Program Sarjana, Memiliki Capaian Pembelajaran Sebagai Berikut:

 

  1. SIKAP:
  2. Bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  3. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  5. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan
  12. Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dengan menghasilkan produk isi pesan komunikasi, kajian bidang komunikasi, dan program komunikasi yang memberi manfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial dan etika yang berlaku.

 

  1. PENGUASAAN PENGETAHUAN:
  2. Konsep teoritis ilmu komunikasi secara umum;
  3. Konsep teoritis komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa secara mendalam;
  4. Konsep teoritis berbagai media (saluran) komunikasi, yang meliputi media cetak, media elektronik (audio/audio-visual), dan media digital;
  5. Konsep, kaidah, dan proses pengembangan isi pesan untuk mencapai berbagai tujuan komunikasi menggunakan beragam jenis saluran komunikasi;
  6. Konsep, kaidah, dan proses penyusunan rencana dan implementasi program komunikasi;
  7. Konsep, kaidah, dan proses penelitian komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitatif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner;
  8. Konsep umum dan metode aplikasi etika dalam proses komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa;
  9. Sejarah perkembangan, penggunaan, dan dampak teknologi di bidang komunikasi dan media; dan
  10. Pengetahuan faktual tentang jenis dan regulasi penyiaran, pers, jurnalistik, periklanan, informasi publik, dan informasi dan transaksi elektronik.

 

  1. KETERAMPILAN KHUSUS:
  2. Mampu memproduksi isi pesan isi pesan untuk berbagai tujuan komunikasi menggunakan berbagai jenis saluran komunikasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan norma hukum, norma sosial, dan etika yang berlaku;
  3. Mampu membuat kajian atau analisis atas masalah atau isu komunikasi interpesonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi dan komunikasi massa menggunakan konsep dan teori komunikasi yang relevan;
  4. Mampu menjalankan program komunikasi untuk mencapai tujuan melalui tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program komunikasi;
  5. Mampu menjalankan kegiatan penelitian di bidang komunikasi menggunakan berbagai metode penelitian komunikasi kuantitaif maupun kualitatif dengan pendekatan monodisipliner; dan
  6. Mampu menyusun tulisan ilmiah di bidang komunikasi sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku dan mempublikasikannya dalam berkala ilmiah dan/atau forum pertemuan ilmiah.

 

  1. KETERAMPILAN UMUM:
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  4. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  5. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  6. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  7. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  8. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  9. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  10. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Peningkatan kualitas dan kompetensi mahasiswa dan dosen dihitung berdasarkan target kuantitas yang disepakati dalam rapat Prodi Ilmu Komunikasi. Adapun sasaran pencapaiannya adalah:

  1. Standar mutu akademik dan Tri Dharma Perguruan Tinggi mengarah pada nilai-nilai luhur, etika dan moral.
  2. Proses belajar mengajar mengacu pada Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan pendekatan Student Center Learning.
  3. Kualitas mahasiswa dan lulusan yang profesional, memiliki kompetensi unggulan dalam bidang komunikasi.
  4. Lulusan yang menyelesaikan studi tepat waktu ≥  75%
  5. Lulusan yang memiliki IPK ≥ 3.00 ≥ 75%
  6. Lulusan yang lama studinya ≤ 5 tahun ≥ 75%
  7. Lulusan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang disertakan Toefl 450

 

STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Menerapkan disiplin akademik mengenai evaluasi diri, proses belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat berbasis teknologi komunikasi dan pemberdayaan masyarakat, yang mengacu pada peningkatan kompetensi mahasiswa dan dosen, melalui sistem monitoring secara berkala.
  2. Memperoleh dana hibah bagi pengembangan kualitas pelayanan akademik dan proses pendidikan, serta peningkatan jaringan kerja sama.
  3. Meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar.
  4. Menciptakan kultur akademik yang kondusif bagi peningkatan kompetensi Program Studi Ilmu Komunikasi.
  5. Membuat dan menerapkan sistem evaluasi kurikulum melalui gugus dosen yang responsif terhadap dinamika kebutuhan stakeholder.

 

 

Kompetensi

  1. Uraian secara ringkas kompetensi utama lulusan

Kompetensi utama dari program studi ilmu komunikasi adalah menjadi ahli komunikasi, akademisi, peneliti dan pengelola program komunikasi, dengan memiliki kompetensi yaitu:

  1. Mampu berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, adaptif, imajinatif, kreatif, inovatif terhadap masalah-masalah komunikasi, khususnya berbasis lingkungan, dan umumnya kajian-kajian sosial lainnya yang meliputi berbagai aspek kehidupan masyarakat.
  2. Mampu memahami, memiliki kepekaan dan tanggap terhadap masalah-masalah komunikasi dalam masyarakat.
  3. Mampu melakukan identifikasi masalah, menganalisis dan menemukan solusi atas permasalahan sosial, politik, ekonomi, budaya (social problems analist) berbasis lingkungan dan kajian sosial lainnya, yang dapat dijadikan referensi oleh publik (berorientasi pada kepentingan publik) maupun organisasi, baik bersifat profit maupun non profit (corporate problems analist) berorientasi pada kepentingan stakeholder.
  4. Mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi komunikasi sebagai media efektif untuk mencapai tujuan komunikasi.
  5. Mampu belajar dan bekerja secara tuntas sesuai target yang dilandasi oleh keyakinan dan keimanan, serta membangun jaringan (networking) dilandasi jiwa kewirausahaan.

 

  1. Uraian secara ringkas kompetensi pendukung lulusan

Sementara kompetensi pendukung lulusan dapat dijelaskan berdasarkan bidang peminatan masing-masing sebagai berikut:

  1. Peminatan Ilmu Jurnalistik
    • Mampu mencari, mengolah dan memproduksi karya jurnalistik berbasis lingkungan dan kajian sosial lainnya.
    • Memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan (managerial skill & leadership).
    • Mampu mengelola lembaga media massa (memproduksi dan menyampaikan pesan/content) yang memiliki nilai berita dan estetika tinggi bernuansa kearifan lokal.
    • Mampu memahami dan mengimplementasikan peraturan perundang-undangan terkait dan kode etik profesi.
    • Mampu memanfaatkan potensi kearifan lokal sebagai upaya memaksimalkan program komunikasi yang berorientasi pada pelestarian lingkungan dan pengembangan kebudayaan.

 

  1. Peminatan Ilmu Hubungan Masyarakat
    • Kemampuan mengelola issue komunikasi dan lingkungan, krisis komunikasi berbasis teknologi komunikasi dan pemberdayaan masyarakat.
    • Kemampuan merancang strategi Humas dan mengimplementasikannya dalam konteks perusahaan/ industri, lembaga profit dan atau non profit serta mampu merancang event kehumasan.
    • Kemampuan sebagai mediator/fasilitator dan narasumber corporate dalam bidang komunikasi bisnis.
    • Kemampuan dalam memproduksi dan mengelola media PR serta komunikasi visual.
    • Kemampuan menjalin hubungan dengan stakeholder dalam konteks investor relation dan komunitas.
    • Kemampuan mengelola image product dan brand dalam konteks marketing PR dan wirausaha komunikasi.
    • Kemampuan berbicara di depan publik dan memahami teknik presentasi serta kemampuan mengelola arsip dan dokumentasi kehumasan.

 

  1. Peminatan Ilmu Marketing Komunikasi

3.1 Memiliki kemampuan menulis dan merancang program komunikasi  

      pemasaran.

3.2 Mampu menganalisis konsumen dan pasar.

3.3 Memahami tahapan riset dan perencanaan media.

3.4 Mampu merancang copywriting dan visualisasi.

3.5 Mampu memahami dan menguasai tahapan editing program.

3.6 Mampu memproduksi iklan, baik media cetak maupun elektronik.

 

  1. Uraikan secara ringkas kompetensi lainnya/pilihan lulusan

Selain memiliki kompetensi utama dan pendukung, lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Untirta juga diharapkan memiliki kompetensi lain, meliputi:

  1. Kemampuan merancang dan membuat corporate identity (logo, simbol, lambang, uniform, desain kantor, interior dan lain-lain)
  2. Kemampuan menguasai Bahasa Inggris, IT, dan beretika serta interpersonal skill yang baik.
  3. Kemampuan mengolah data dengan menggunakan komputer (pengolahan data statistik).
  4. Kemampuan bekerjasama dalam tim (teamwork)
  5. Penguasaan dan kemampuan mengaplikasikan teknologi multimedia.
  6. Penguasaan dan kemampuan dalam bidang jurnalistik, kehumasan, dan komunikasi
  7. pemasaran (marketing communications).
  8. Memiliki bekal kewirausahaan.
  9. Memberikan bekal kepemimpinan melalui berbagai kegiatan di UKM dan HMJ/ KBMS.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *